Rabu, 22 Mei 2013

Menumbuhkembangkan Jiwa Entrepreneurship Mulai Dari Kehidupan Di Kampus



Sebagian besar manusia cenderung kesulitan untuk berani memulai sesuatu, misalnya menjadi seorang wirausaha. Menumbuhkan jiwa wirausaha pada diri seseorang memang membutuhkan waktu yang tidak singkat. Seorang wirausaha harus memiliki keberanian dan kegigihan yang tinggi sehingga usahanya dapat tumbuh berkembang dengan baik.

Sebagai mahasiswa jiwa wirausaha dapat dimulai dari kampus. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh seorang mahasiswa, namun keinginan untuk dapat berwirausaha di lingkungan kampus kurang diminati, hal ini dikarenakan rendahnya minat untuk memulai berwirausaha.


Beberapa cara menumbuhkan jiwa wirausaha dalam dunia kampus yaitu :

Pertama , yakin bahwa uang bukan merupakan modal utama dalam berwirausaha. Maksudnya, ketika hendak  memulai berwirausaha, jangan jadikan uang sebagai kendala atau penghambat. Mendapatkan uang sebagai modal  untuk memulai berwirausaha dapat ditempuh dengan cara investasi atau pinjaman (jika diperlukan). Ketika melakukan pinjaman pun, sebaiknya kepada orang terdekat terlebih dahulu.

Kedua, membuka pikiran, pelajari dan persiapkan diri. Maksudnya, pikirkan  suatu hal yang mungkin belum pernah  terfikirkan oleh orang lain, misalnya dengan sesuatu hal yang unik atau tidak biasa dan belum pernah ada. Pelajarilah sesuatu hal tersebut, dan persiapkan diri untuk memulainya.

Ketiga, mengejar peluang dengan disiplin tinggi. Artinya, carilah dan temukan peluang terbaik untuk dapat memulai berwirausaha dengan mengambil celah atau kesempatan yang ada di lingkungan sekitar. Ketika mendapatkan peluang tersebut, kuasai atau capailah dengan kedisiplinan yang tinggi dan jagalah kepercayaan untuk dapat membangun relasi atau jaringan selagi muda. 

Keempat, keyakinan. Artinya seorang wirausaha dalam memulai usaha haruslah yakin bahwa usaha yang digeluti akan tumbuh berkembang dengan baik. Yakinkan bahwa tujuan utama hidup di dunia ini bukanlah menjadi orang kaya, melainkan untuk dapat tumbuh dan menang. Menang karena mampu bekerja keras, berani menghadapi risiko, dan selalu dibayang-bayangi oleh ketidakpastian. Dan yakinkan bahwa kaya merupakan sebuah akhibat dari proses kemandirian.

Jadi, dalam menumbuhkan jiwa wirausaha atau entrepreneurship dalam dunia kampus hendaknya seorang mahasiswa harus mampu menerapkan beberapa cara diatas, berfikir kreatif dan mau memulai. Tidak perlu menunggu menjadi seorang hebat untuk memulai sesuatu, lakukan apa yang bisa dilakukan saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar