Rabu, 22 Mei 2013

Kejahatan Pada Jejaring Sosial Facebook




Kejahatan Pada Jejaring Sosial Facebook 


BAB 1
PENDAHULUAN
Di zaman yang serba canggih seperti saat ini,penggunaan akses informasi dan komunikasi  yang  cepat,modern dan praktis berkembang dengan sangat pesat.Dalam hal ini masyarakatpun mulai beralih dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang ada dengan berbagai alasan,misalnya penggunaan internet.Saat ini penggunaan internet atau jejaring sosial berkembang dengan sangat baik diseluruh dunia.Melalui jejaring sosial,informasi dapat lebih cepat tersampaikan dan proses pengaksesan dapat dilakukan oleh siapapun,kapanpun dan dimanapun berada selama terhubung dengan situs internet.Salah satu jejaring sosial yang ramai dikunjungi oleh masyarakat adalah facebook.Mulai dari anak-anak,remaja,orang dewasa,bahkan orang yang berusia lanjutpun sering menggunakan facebook dengan kepentingan dan alasan tersendiri.Bahkan dewasa ini banyak orang yang sangat bergantung pada facebook.
Jejaring sosial antar teman atau yang lebih sering disebut dengan facebook merupakan kata yang tidak asing lagi bagi mereka yang suka menjelajahi dunia maya.Facebook merupakan website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota,tempat kerja,sekolah,dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain.Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka,mengirim pesan,dan memperbaharui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya. Maraknya penggunaan facebook dalam kehidupan sehari-hari,membuat banyak kalangan yang menyalahgunakan jejaring sosial satu ini.Facebook banyak digunakan sebagai salah satu ajang untuk melakukan kejahatan.Kejahatan atau penyalahgunaan yang biasa dilakukan pada situs jejaring sosial facebook akan dibahas pada makalah ini.





BAB II
PEMBAHASAN
Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang cukup popular dan fenomenal saat ini.Berawal dari proses peluncuran facebook pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg,seorang lulusan Harvard University  yang anggotanya diperuntukan khusus bagi siswa dari Harvard College.Namun pada kenyataannya,saat ini keanggotaan facebook telah diperluas karena dianggap memiliki berbagai kelebihan atau keuntungan.Disamping banyaknya keuntungannya yang diperoleh dari situs jejaring sosial satu ini,facebook juga memiliki berbagai macam kerugian.Kerugian atau kejahatan yang biasa dilakukan dalam facebook diantaranya :
1.Kasus penipuan.
Akhir-akhir ini banyak sekali kasus penipuan yang terjadi baik itu secara langsung dilakukan maupun melalui media seperti jejaring sosial facebook. Banyaknya orang yang mengakses situs facebook,membuat daftar panjang pula mengenai kasus penipuan yang dilakukan menggunakan situs ini.Dalam hal ini pengguna situs jejaring sosial facebook lebih rentan terhadap praktik Cybercrime.
Penipuan yang dilakukan misalnya dengan menggunakan transaksi jual beli barang fiktif atau barang yang dijual tersebut pada faktanya tidak riil atau tidak nyata. Kemudian pelaku meminta korban untuk mengirimkan sejumlah uang ke nomor rekening yang diinginkan oleh pelaku.
Pelaku juga dapat melakukan aksinya dengan menyamar atau menggunakan identitas orang lain untuk mengelabui korbannya.Dan saat korban diyakini telah terjerat dengan rayuan manis pelaku,maka pelaku akan meminjam atau bahkan meminta sejumlah uang kepada korban dengan berbagai alasan.Para pelaku tindakan cyber tidak segan-segan meminta uang kepada korbannya hingga milyaran rupiah.

Beberapa contoh kejahatan cyber yg dilakukan melalui facebook diantaranya :
-Kasus selly : Dengan paras cantiknya,Selly dapat menipu banyak orang melalui facebook dengan cara memberikan janji manisnya.Korban di iming-imingi pendapatan yang sangat menggiurkan hanya dengan melakukan bisnis pulsa.
-Kasus penipuan yang dilakukan oleh warga Negara Liberia yang berinisial MRGG (45th),berhasil memperdaya beberapa janda kaya,salah satunya RN hingga 5 milyar rupiah.MRGG berhasil menipu RN dengan dalih akan menikahinya.
Dan masih banyak lagi contoh kasus atau tindak kejahatan yang dilakukan menggunakan situs jejaring sosial facebook.
2. Penyebaran virus melalui pesan dalam facebook.
Saat ini banyak sekali fitur baru yang dapat meningkatkan serangan platform pada facebook.Pembajakan akun pada facebook seringkali dimanfaatkan untuk berbagai keperluan kriminal diantaranya mengirimkan pesan-pesan spam atau bahkan virus.Pesan yang dikirim melalui layanan e-mail pada facebook kemungkinan besar akan dibuka oleh sang penerima karena berbagai hal.Misalnya e-mail itu merupakan e-mail yang dikirim oleh orang-orang yang berada dalam satu link-nya.Dan saat korban membuka pesan tersebut,virus akan segera menyebar merusak program atau bahkan yang paling parah adalah alat yang digunakan korban untuk membuka pesan itu mati.
3. Pembajakan akun.
Masyarakat telah dimanjakan dengan berbagai hal yang serba gampang,instan dan praktis.Salah satu contoh yaitu dengan banyaknya pemakaian alat komunikasi yang serba canggih.Banyaknya pemakai alat komunikasi misalnya telepon selular membuat banyak perusahaan operator selular memberikan promo gila-gilaan.Misalnya dengan memberikan akses penggunaan internet atau facebook gratis.

Masyarakatpun tidak menyia-nyiakan pemberian akses intenet gratis yang diberikan oleh perusahaan jasa operator selular tersebut.Penggunakan yang berulang-ulang dan prosesnya yang gampang membuat masyarakat lupa dan bahkan teledor saat menggunakan jasa tersebut.Hal ini membuat semakin banyaknya tindakan kejahatan yang dilakukan,misalnya pembajakan akun.
Saat ini proses pembajakan akun sangatlah gampang.Misalnya seperti pencarian informasi,para pengguna akses internet biasanya melakukan pencarian dengan menggunakan keyword pada search engine.Hal ini membuat banyak sekali pengguna yang terjebak,yang akhirnya account facebook akan terkena hack.
 Pembajakan akun dilakukan dengan berbagai alasan.Misalnya modus balas dendam,yaitu pelaku memberikan informasi yang sangat bertentangan dengan keadaan atau situasi korban.Atau karena modus ingin mendapatkan keuntungan,yaitu pelaku meminta sejumlah uang kepada berbagai pihak,atau pencarian informasi agar pelaku dapat mendapatkan uang,atau dengan pembelian sejumlah barang yang nantinya proses pembayaran akan dilakukan oleh korban.Dan masih banyak lagi hal-hal yang dilakukan saat akun kita telah terbajak.
4. Kasus Penculikan.
Dalam pemberian informasi dalam facebook,banyak sekali orang yang menggunakan identitas palsu.Mereka melakukan hal itu dengan alasan untuk mengelabui korban.Untuk itu behati-hatilah saat melakukan konfimasi pada saat penerimaan teman.Pelaku menggunakan trik-trik jitunya agar korban terjerat atau bahkan jatuh cinta.Sasaran penculikan biasanya adalah kaum remaja.Tingkat emosi yang labil dan proses pencarian jatidiri membuat kaum remaja budah terbuai rayuan bahkan janji manis yang diberikan pelaku.Pelaku pun melakukan aksinya dengan meminta korban untuk bertemu dengannya.
Saat korban menerima ajakan pelaku,pelakupun membawa pergi atau menculik korban.Tujuan atau alasan pelaku menculik korban sangatlah relatif. Misalnya pelaku ingin menjadikan korban sebagai tawanan agar pelaku dapat meminta uang pada keluarga korban.Atau pelaku ingin memiliki korban dan menjadikan korban sebagai alat untuk memperoleh uang.


BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Facebook merupakan jejaring sosial yang sangat popular dan fenomenal. Banyaknya penggunaan facebook,membuat semakin banyak pula tindak kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan situs ini.Banyak orang bahkan merasa kecanduan untuk mengakses situs yang satu ini.Mereka rela mengorbankan uang dan waktu berjam-jam didepan komputer.Bahkan tak sedikit orang yang pergi ke warnet atau warung internet hanya untuk membuka atau mengakses situs facebook.
Banyak sekali keuntungan yang ditawarkan atau diberikan dari situs jejaring facebook.Namun tak sedikit pula kerugian yang terjadi dari situs ini.Mulai dari kasus penipuan,penyebaran virus yang dapat merusak alat akses, pembajakan akun dan bahkan kasus penculikan.
SARAN
Pada saat memanfaatkan situs jejaring sosial apapun itu,kita harus lebih waspada karena banyaknya ancaman-ancaman kejahatan dunia maya yang biasa dilakukan melalui situs jejaring sosial atau fasilitas internet lain.Kita juga perlu melakukan pengontrolan diri dan harus tetap menjaga etika saat menggunakan situs-situs yang ada,misalnya facebook.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar